Halaman

Senin, 05 Desember 2011

Makhluk Sosial ? Makhluk Ekonomi ?




Manusia sudah ditakdirkan hidup di dunia ini sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Namun, taukah kamu apa perbedaan antara hakekat manusia sebagai makhluk sosial dengan manusia sebagai makhluk ekomoni ?

Manusia hidup didunia ini pasti membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya, dengan makhluk hidup lainnya. Dari interaksi tersebut-lah, manusia akan mendapatkan 2 kepuasan yang berbeda. Kepuasan jiwa dan kepuasan raga.


Disinilah perbedaan mencolok antara hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi.

Hakekat manusia sebagai makhluk sosial, manusia akan cenderung untuk dapat memuaskan kebutuhan jiwanya. Seperti mendapatkan rasa nyaman, cinta, keadilan, kepandaian, dan masih banyak lagi. Semua itu dilakukan manusia agar jiwanya terpuaskan.

Sedangkan manusia sebagai makhluk ekonomi akan cenderung untuk memuaskan kebutuhan raganya (fisiknya). Ya, seperti makan, minum, mempunyai pakaian dan lainnya. Manusia membutuhkan itu semua agar raganya terpuaskan.

Untuk memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk sosial, manusia tidak terlalu membutuhkan uang. Namun, untuk memenuhi kebutuhannya sebgai makhluk ekonomi, manusia sangat membutuhkan uang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar