Halaman

Senin, 05 Mei 2014

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan


Berada di daerah tropis, membuat pisang dapat tumbuh subur di Indonesia. Rasanya yang manis membuat banyak orang menggemari buah yang satu ini. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan apabila kita rajin mengkonsumsi buah pisang setiap hari. Berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan kita:
  1. Dengan mengkonsumsi buah pisang dua kali sehari, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah energi ketika melakukan aktivitas sehari-hari.
  2. Karena dapat melapisi bagian dalam perut terhadap asam korosif, buah pisang sangat diajurkan bagi penderita sakit maag untuk mengurangi nyeri yang timbul saat maag kambuh.
  3. Dalam satu buah pisang mengandung 10mg vitamin C, atau 15% dari rekomendasi harian vitamin C. Hal ini tentu baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.
  4. Dapat mengurangi pembengkakan, melindungi dari resiko diabetes tipe II, membantu menurunkan berat badan, memperkuat sistem syaraf, dan membantu produksi sel darah putih. Hal ini karena, dalam satu buah pisang terdapat 35% dari rekomendasi vitamin B6 harian. Vitamin yang biasanya terdapat dalam produk hewani. Tubuh kita menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.
  5. 3mg mangan dalam satu buah pisang baik untuk tulang dan metabolisme.
  6. Buah pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu sirkulasi oksigen ke otak, dapat mencegah tekanan darah tinggi dan stroke, serta mencegah kram otot setelah olahraga karena kadar potasium yang mencapai 400mg pada pisang berukuran sedang.
  7. Selain mengurangi rasa nyeri pada penderita maag, pisang juga bisa mengurangi nyeri haid bagi wanita.
  8. Makan pisang di antara waktu makan dapat membantu menstabilkan gula darah dan mengurangi rasa mual dari ‘morning sickness‘. Hal ini baik untuk ibu hamil. Terlebih lagi kandungan asam folat yang terdapat pada pisang baik bagi pertumbuhan janin.
  9. Buah pisang sangat mudah dicerna, ini dapat melancarkan pencernaan kita tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar