Halaman

Jumat, 09 Januari 2015

[Tulisan 2] @america



@america adalah pusat kebudayaan Amerika Serikat berteknologi canggih pertama di dunia yang diresmikan pada tanggal 2 desember 2010 oleh Judith A McHale, yang pada saat itu menjadi Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dibidang Diplomasi Publik.
@america didirikan agar dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi anak muda di Indonesia tentang apa saja yang telah, atau sedang terjadi di Amerika Serikat. Indonesia dipilih sebagai Negara pertama yang menikmati fasilitas ini, hal ini karena Indonesia merupakan mitra penting bagi Amerika Serikat. Salah satunya dalam bidang teknologi seperti banyaknya pengguna jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook yang memang berasal dari Amerika Serikat.



1.      Lokasi
@america berlokasi di pusat Central Business District Sudirman, tepatnya di lantai 3 Pacific Place Mall. @america buka setiap hari, 365 hari dalam setahun, dari jam 13.00 sampai 21.00 WIB. Untuk masuk ke @america, pengunjung tidak dipungut biaya apapun, gratis.

2.      Fasilitas
@america ini dilengkapi dengan sarana komputerisasi yang canggih. Sesaat setelah memasuki ruangan, saya disuguhi gambar besar di dinding sekeliling fasilitas. Gambar ini diproyeksikan dari proyektor yang diletakkan di langit-langit. Gambar yang muncul akan disesuaikan dengan tema yang sedang diberlangsung di @america. Tema acara di @america berubah setiap dua atau tiga bulan.
Pada saat kedatangan saya kali ini, tema yang sedang diusung oleh @america adalah Masyarakat Sipil, Demokrasi, Pengusaha, Teknologi: Illinois, gambar yang muncul saat itu tentang perusahaan-perusahaan teknologi besar di Amerika Serikat. Serta scene dari beberapa film-film pendek yang menceritakan tentang masyarakat sipil Amerika yang Demokrasi.


Terdapat beberapa permainan interaktif yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama berada di sini. Di samping tempat permainan, terdapat tampilan besar peta satelit dunia yang terhubung dengan Google map. Pengunjung dapat mencari koordinat dan posisi yang dia inginkan dengan menggunakan joystik nirkabel yang disediakan. Citra satelit tersebut juga dipercantik dengan gambar tiga dimensi gedung atau bangunan yang dituju.


Selain itu terdapat juga sebuah ruangan yang digunakan untuk diskusi dan debat, pertunjukan film, seminar yang sering sekali menghadirkan bintang tamu dari Amerika Serikat. Pada kesempatan kali ini, saya memasuki ruangan tersebut untuk menonton sebuah film pendek Amerika.


Dibelakang ruang ini terdapat sebuah ruang interaktif yang menyuguhkan pengunjung dengan majalah-majalah dan computer interaktif berlayar sentuh.

3.      Peranan
Dengan target pengunjung anak muda Indonesia, fasilitas @america ini berfokus untuk memberikan informasi tentang pendidikan di Amerika Serikat. Tentu saja hal ini sangat berperan bagi masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah atau kuliahnya di Amerika Serikat.
4.      Manfaat
Dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh @america, banyak sekali manfaat yang saya peroleh setelah saya berkunjung kesana. Selain mendapatkan banyak sekali foto selfie, dari film pendek yang ditampilkan saya jadi lebih mengetahui tentang bagaimana kehidupan nyata di Amerika Serikat.







@america sangat menarik untuk dikunjungi oleh berbagai kalangan, dari anak kecil hingga orangtua, walaupun sesungguhnya fasilitas @america ini diperuntukan anak muda Indonesia. Sebagai tempat edukasi tentang Amerika Serikat, tempat ini tidak membuat saya merasa bosan apalagi dengan berbagai fasilitas yang sudah dilengkapi oleh teknologi-teknologi terbaru.
Dengan tema yang berubah setiap beberapa waktu membuat saya ingin kembali datang lagi ke tempat ini, namun dengan lokasi yang menurut saya sedikit kurang stategis, ini sedikit membuat saya mengurungkan niat untuk kembali berkunjung kesana.


sumber:
http://www.atamerica.or.id
http://news.viva.co.id/news/read/191843-pusat-budaya-amerika-hadir-di-mal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar