à KEPRIBADIAN
Pengertian kepribadian menurut beberapa ahli:
a.
Yinger. Kepribadian adalah keseluruhan perilaku
dari seorang individu dengan system kecenderungan tertentu yang berinteraksi
dengan serangkaian instruksi.
b.
M.A.W Bouwer. Kepribadian adalah corak tingkah
laku social yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini dan
sikap-sikap seseorang.
c.
Cuber. Kepribadian adalah gabungan keseluruhan
dari sifat-sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.
d.
Theodore R. Newcombe. Kepribadian adalah
organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap
perilaku.
e.
Gordon W.Allport. Kepribadian adalah suatu
organisasi yang dinamis darisistem psiko-fisik indvidu yang menentukan tingkah
laku.
Struktur kepribadian berkisar diseputar upaya untuk
mengindentifikasi dan menamai karakteristik permanen yang menjelaskan prilaku
individu atau seseorang. Karakter yang melekat pada individu contohnya: malu,
agresif, pemalas, ambisius, setia dan takut. Karakteristik tersebut jika ditunjukan
dalam berbagai situasi disebut sifat-sifat kepribadian.
Faktok-faktor penentu kepribadian:
1.
Faktor keturunan. Seperti: tinggi badan ,fisik ,
bentuk wajah , temperamen dan lain lain.
2.
Faktor lingkungan seperti: Budaya membentuk
nourma, sikap dan nilai yang di wariskan dari generasi yang satu dengan
generasi selanjutnya.
à NILAI
Nilai (value) merupakan kata sifat yang selalu terkait
dengan benda, barang, orang atau hal-hal tertentu yang menyertai kata tersebut.
Nilai adalah sebuah konsep yang abstrak yang hanya bisa dipahami jika dikaitkan
dengan benda, barang, orang atau hal-hal tertentu. Pengkaitan nilai dengan
hal-hal tertentu itulah yang menjadikan benda, barang atau hal-hal tertentu
dianggap memiliki makna atau manfaat. Benda purbakala dianggap bernilai karena
berguna bagi generasi penerus untuk mengetahui sejarah masa lampau kita. Video
tape recorder, meski secara teknis kondisinya masih baik, dianggap manfaatnya
sudah hilang karena sudah susah mengoperasikannya mengingat kaset yang
seharusnya menjadi komplemen video tape tersebut tidak bisa lagi diperoleh di
pasaran, semuanya tergantikan oleh VCD. Dengan demikian yang dimaksudkan dengan
nilai adalah prinsip, tujuan, atau standar sosial yang dipertahankan oleh
seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) karena secara intrinsik mengandung
makna.
à GAYA HIDUP
Gaya hidup menurut Hair dan McDaniel adalah cara hidup, yang
diidentifikasi melalui aktivitas seseorang, minat, dan pendapat seseorang.
Penilaian gaya hidup dapat dilakukan melalui analisa psychografi. Psychografi
merupakan teknik analisis untuk mengetahui gaya hidup konsumen sehingga dapat
dikelompokkan berdasarkan karakteristik gaya hidupnya. Menurut Kasali gaya
hidup mencerminkan bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya yang
dinyatakan dalam aktivitas-aktivitas, minat dan opini-opininya.
Pendekatan gaya hidup cenderung mengklasifikasikan konsumen
berdasarkan variabel-variabel Activity, Interest, Opinion, yaitu aktivitas,
interes (minat), dan opini (pandangan-pandangan). Menurut Setiadi sikap
tertentu yang dimiliki konsumen terhadap suatu objek tertentu bisa mencerminkan
gaya hidupnya. Gaya hidup seseorang bisa juga dilihat dari apa yang disenangi,
ataupun pendapatnya mengenai objek tertentu.
Gaya hidup secara luas didefinisikan sebagai cara hidup yang diidentifikasikan oleh bagaimana orang menghabiskan waktu mereka, apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan juga di dunia sekitarnya.Perubahan gaya hidup membawa implikasi pada perubahan selera (selera pria dan wanita berbeda), kebiasan dan perilaku pembelian.perubahan lain yang terjadi adalah meningkatnya keinginan untuk menikmati hidup.
Manfaat jika memahami gaya hidup konsumen :
1.
Pemasar dapat menggunakan gaya hidup konsumen
untuk melakukan segmentasi pasar sasaran.
2.
Pemahaman gaya hidup konsumen juga akan membantu
dalam memposisikan produk di pasar dengan menggunakan iklan.
3.
Jika gaya hidup diketahui, maka pemasar dapat
menempatkan iklannya pada media-media yang paling cocok.
4.
Mengetahui gaya hidup konsumen, berarti pemasar
bisa mengembangkan produk sesuai dengan tuntutan gaya hidup mereka.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar