Proposal Penelitian Manajemen Pemasaran
“Pengaruh Harga dan Kualitas
Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Xperia”
BAB I
1.1 Latar Belakang
Dalam era globalisasi saat ini persaingan
bisnis semakin ketat, baik pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Terbatasnya
daya beli konsumen membuat konsumen menjadi semakin teliti dalam melakukan pembelian
dan menentukan suatu produk yang mereka inginkan. Dengan keadaan tersebut
mendorong perusahaan agar bisa menarik konsumen, menawarkan produk yang
berkualitas dan memiliki nilai yang lebih, sehingga berbeda dari produk pesaing.
Saat ini banyak konsumen yang mencari produk yang bisa menunjang kegiatan
sehari-hari, baik itu untuk keperluan pekerjaan maupun keperluan hiburan, dalam
hal ini dibidang komunikasi yaitu smartphone.
Pengguna produk smartphone berkembang
pesat dalam lima tahun terakhir, baik di negara maju maupun negara berkembang. Derasnya
permintaan pasar terhadap smartphone ini, khususnya yang menggunakan sistem
operasi Android membuat para produsen semakin giat untuk berinovasi dan
menggempur pasar ponsel Indonesia dengan berbagai produk. Produsen smartphone
pun mulai datang dari produsen terkemuka maupun produsen lokal. Mereka
menyadari betapa besarnya pangsa pasar smartphone di Indonesia.
Salah satu produsen terkemuka yang
membanjiri pasar smartphone di Indonesia dengan produk-produknya, ialah Sony. Sepanjang
tiga bulan terakhir di tahun 2013, Sony Xperia telah terjual sebanyak 10,7 juta
unit. Meningkat dari 10 juta unit pada triwulan sebelumnya.
Melihat hal tersebut, maka penulis
tertarik untuk meneliti “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan
Pembelian Smartphone Sony Xperia”
1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas,
rumusan masalah yang akan diambil dari penulisan ilmiah ini yaitu:
1.
Apakah harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian smartphone Sony Xperia?
2.
Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian smartphone Sony Xperia?
3.
Apakah harga dan kualitas produk berpengaruh
secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphone Sony Xperia?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan
dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah:
1.
Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian
smartphone Sony Xperia.
2.
Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan
pembelian smartphone Sony Xperia.
3.
Harga dan kualitas produk berpengaruh secara
simultan terhadap keputusan pembelian smartphone Sony Xperia.
1.4 Manfaat Penelitian
1.
Akademis
Dikalangan akademis, kajian ini akan
dapat dipergunakan untuk memperdalam pengetahuan tentang perilaku konsumen dari
mata kuliah perilaku konsumen yang telah diambil oleh penulis.
2.
Pemasar
Diharapkan penelitian
ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan acuan bagi para pemasar dalam menjalankan
strategi pemasarannya, terutama yang berhubungan dengan keputusan pembelian
konsumen.
BAB II
2.1 Pengertian
Pemasaran
Menurut Philip Kotler (2000:19),
pemasaran adalah proses perencanaan pelaksanaan dari perwujudan, pemberian
harga, promosi dan distribusi dari barang-barang, jasa dan gagasan untuk
menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan
dan organisasi.
Menurut Swasta (2002:10), pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang dibuat untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan yang ada kepada pembeli yang potensial.
Menurut J. Stanton yang dikutip oleh Swasta (2009:10), pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan yang ada kepada pembeli yang potensial
Menurut Swasta (2002:10), pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang dibuat untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan yang ada kepada pembeli yang potensial.
Menurut J. Stanton yang dikutip oleh Swasta (2009:10), pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan yang ada kepada pembeli yang potensial
2.2 Pengertian
Harga
Menurut Kotler dan Amstrong
(2003:430) Harga adalah jumlah semua nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka
mendapatkan manfaat (dari) memiliki atau menggunakan barang atau jasa.
Menurut Tjiptono (2005:241) menyebutkan harga adalah satuan mobeter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau pengunaan suatu barang atau jasa.
Menurut Tjiptono (2005:241) menyebutkan harga adalah satuan mobeter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau pengunaan suatu barang atau jasa.
2.3 Pengertian
Kualitas Produk
Menurut Kottler dan Amstrong
(2008:272) adalah Karakteristik produk atau jasa yang tergantung pada
kemampuanya untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang dinyatakan atau
diimplikasikan.
2.4 Perilaku
Konsumen
Menurut Swasta dan Handoko
(2000:10), perilaku konsumen adalah kegiatan individu yang secara langsung
terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang dan jasa termasuk
didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan
tersebut. Menurut Sumarwan (2003:26), perilaku konsumen adalah semua kegiatan,
tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat
sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah
melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi.
2.5 Teori
Tingkah Laku Konsumen
Untuk memahami lebih dalam tentang
prilaku pembelian kita dapat mempelajari beberapa model teori tingkah laku
pembelian ( Swastha (2009:76)) berikut ini:
a.
Teori-teori Ekonomi Mikro
Teori ini dikembangkan oleh ahli-ahli
ekonomi klasik seperti Adam Smith dan kawan-kawannya. Mereka mendasarkan pada
suatu pengertian bahwa orang itu adalah ekonomis, rasional, dan pada setiap
saat ia bertindak karena tertarik pada sesuatu.
b.
Teori Psikologis
Ada beberapa teori yang termasuk di dalam
teori psikologis ini yaitu: teori belajar (learning theory), dan teori
psikhoanalitis (psychoanalytic theory).
·
Teori Belajar
Teori Belajar ini lebih menekankan pada tingkatan penafsiran dan
peramalan terhadap proses belajar konsumen merupakan kunci untuk mengetahui
tingkah laku pembeliannya.
·
Teori Psikhoanalitis
Teori ini dikemukakan oleh Sigmund Freud. Dalam teorinya, ia lebih banyak
tepengaruh dari kondisi pekerjaannya. Ia menyatakan bahwa tingkah laku itu dipengaruhi
oleh adanya keinginan yang terpaksa dan adanya motif yang tersembunyi yaitu
menyangkut kepribadian seseorang.
c.
Teori Sosiologis
Teori ini lebih menitikberatkan pada
hubungan dan pengaruh antara individuindividu yang dikaitkan dengan tingkah
laku mereka. Jadi lebih mengutamakan perilaku kelompok, bukannya perilaku
individu.
d.
Teori Antropologi
Seperti halnya pada teori sosiologi, teori
anthropologis ini juga menekankan tingkah laku pembelian dari suatu kelompok
masyarakat. Namun, kelompok-kelompok masyarakat yang lebih diutamakan dalam
teori anthropologis ini bukannya kelompok kecil seperti keluarga.
BAB III
3.1 Metodeologi
Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan:
3.1.1
Obyek Penelitian
Yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah para
pengguna smartphone Sony Xperia yang dikhususkan kepada masyarakat di daerah
Bekasi.
3.1.2
Populasi dan Sample
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone
Sony Xperia di daerah Bekasi, Jawa Barat.
Sampel yang diambil sebanyak 100 orang sebagai
responden dari sebagian pengguna smartphone Sony Xperia di Bekasi.
3.1.3
Teknik Pengumpulan Data
Dengan data yang bersifat kuantitatif, maka teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah:
1.
Studi Lapangan
Yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mendatangi obyek
penelitian dan menyebar kuesioner kepada obyek penelitian.
2.
Studi Kepustakaan
Yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari
buku-buku literature yang berkaitan dengan penelitian ini.
3.1.4
Hipotesis
Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis adalah:
Ho: Harga dan kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian
smartphone Sony Xperia
Ha: Harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian
smartphone Sony Xperia
3.1.5
Alat Analisis yang digunakan
1.
Skala Likert
Skal
Likert adalah skala yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, maupun
persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap fenomena sosial.
2.
Uji Validitas
Uji Validitas
dimaksudkan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu kuesioner. Uji Validitas
dilakukan dengan melakukan kolerasi bivariate antara masing-masing skor
indikator dengan total skor variabel.
3.
Uji Reliabilitas
Uji Reliabilitas
adalah suatu angka indeks yang menunjukkan konsistensi suatu alat pengukur di
dalam mengukur gejala yang sama. Setiap alat pengukur seharusnya memiliki
kemampuan untuk memberikan hasil pengukuran yang konsisten.
4.
Regresi Linear Berganda
Metode Regresi
Linear Berganda digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Harga () dan Kualitas Produk () terhadap variabel
terikat yaitu keputusan pembelian konsumen ().
5.
Koefisien Determinasi
Pengujian Koefisien
Determinan menunjukan besarnya kontribusi variabel bebas (X) terhadap variabel
terikat (Y). Dimana semakin besar nilai koefisien determinasi maka semakin baik
kemampuan variabel bebas (X) menerangkan variabel terikat (Y).
Sebaliknya,
jika determinasi () semakin mendekati 0
(nol) maka dapat dikatakan bahwa semakin kecil pengaruh variabel bebas (X)
terhadap variabel terikat (Y). Hal ini menunjukkan bahwa model yang digunakan
tidak cukup kuat untuk menerangkan variabel bebas (X) terhadap variabel terikat
(Y).
6.
Uji Hipotesis
Uji F
digunakan untuk mengetahui apakah variabel bebas secara bersama mempengaruhi
secara signifikan terhadap variabel terikat.
Uji T digunakan
untuk mengetahui apakah masing-masing variabel bebasnya secara sendiri-sendiri
berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar